Record Detail

Image of Pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responbility dan Kepemilikan Managerial sebagai Variabel Pemoderasi

Text

Pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responbility dan Kepemilikan Managerial sebagai Variabel Pemoderasi



Dampak krisis ekonomi tahun 2008 serta dalam menghadapi MEA 2015 membuat perusahaan manufaktur mengalami keadaan yang tidak stabil dan tidak dapat mempertahankan nilai perusahaan. Penilaian prestasi suatu perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan itu untuk menghasilkan laba. Laba perusahaan selain merupakan kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban bagi para pemilik dananya juga merupakan indikator dalam penciptaan nilai perusahaan yang menunjukkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya hubungan ROA terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur periode 2011-2014. Selain itu CSR dan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderasi dengan hubungan ROA terhadap nilai perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier dan Uji T dengan level signifikansi 5% serta diolah dengan menggunakan Eviews7.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA berpengaruh positif signifikan terhadap Tobin’s Q. CSR berpengaruh signifikan atau dapat memoderasi tetapi memperlemah hubungan return on asset (ROA) terhadap Tobin’s Q. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan atau tidak dapat memoderasi hubungan ROA terhadap Tobin’s Q. Hasil penelitian ini memberikan implikasi kepada manajemen, pemerintah, masyarakat dan akademisi yaitu perlunya mempertimbangkan ROA, CSR dan kepemilikan manajerial dalam meningkatkan nilai perusahaan.

Kata Kunci : ROA, Tobin’s Q, Pengungkapan CSR, Mekanisme Good Corporate, Kepemilikan Manajerial, Size, Leverage



Availability

007039S 1216054 RIM pPerpustakaan IBS (Rak Skripsi)Available but not for loan - Reference

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S 1216054 RIM p
Publisher STIE Indonesia Banking School : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
657.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment




    Information


    RECORD DETAIL


    Back To PreviousXML DetailCite this


    Perpustakaan

    Indonesia Banking School
    Info selengkapnya