Record Detail

Image of Faktor-faktor yang mempengaruhi prediksi peringkat obligasi (studi empiris pada perusahaan keuangan dan bank di Indonesia yang menerbitkan obligasi dan terdaftar di BEI tahun 2012-2015)

Text

Faktor-faktor yang mempengaruhi prediksi peringkat obligasi (studi empiris pada perusahaan keuangan dan bank di Indonesia yang menerbitkan obligasi dan terdaftar di BEI tahun 2012-2015)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh faktor-faktor akuntansi dan non akuntansi terhadap prediksi peringkat obligasi. Faktor akuntansi yaitu variabel profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan. Faktor non-akuntansi dibagi menjadi faktor mikro dan faktor makro. Faktor mikro yaitu variabel umur obligasi dan reputasi KAP, serta faktor makro yaitu variabel kurs valuta asing dan tingkat inflasi. Pemilihan sampel dalam penelitian, menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh total sampel 120 pengamatan pada perusahaan yang bergerak di bidang keuangan dan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2015. Model penelitian diestimasi dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi, umur obligasi berpengaruh negatif signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi, dan reputasi KAP berpengaruh positif signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi. Sedangkan profitabilitas, leverage, kurs valuta asing, dan tingkat inflasi masing-masing tidak berpengaruh signifikan terhadap prediksi peringkat obligasi.

Kata Kunci: Peringkat Obligasi, Rasio Keuangan, Faktor Mikro, Kurs Valuta Asing, Tingkat Inflasi.



Availability

006957S 1216042 NUR fPerpustakaan IBS (Rak Skripsi)Available but not for loan - Reference

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S 1216042 NUR f
Publisher STIE Indonesia Banking School : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
657.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment




    Information


    RECORD DETAIL


    Back To PreviousXML DetailCite this


    Perpustakaan

    Indonesia Banking School
    Info selengkapnya