Record Detail

Image of Analisis pengaruh ukuran KAP, profitabilitas, dan likuiditas terhadap opini audit going concern pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di BEI

Text

Analisis pengaruh ukuran KAP, profitabilitas, dan likuiditas terhadap opini audit going concern pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di BEI



Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya, salah satunya adalah batu bara. Opini audit going concern merupakan opini yang dikeluarkan auditor untuk memastikan apakah perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Perusahaan yang menurut pertimbangan auditor terdapat keraguan terhadap kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya, maka akan memperoleh opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas mengenai kemampuan suatu usaha dalam mempertahankan kelangsungan hidup.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis ukuran KAP, profitabilitas, dan likuiditas terhadap pemberian opini audit going concern. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 - 2014, sedangkan metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran KAP, profitabilitas, dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap opini audit going concern. Dari hasil analisis secara parsial diketahui bahwa ukuran KAP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit going concern. Dan profitabilitas juga tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern. Sedangkan variabel likuiditas berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit going concern.

Kata kunci : Going Concern, Ukuran KAP, Profitabilitas, Likuiditas.



Availability

006953S 121606 AMI aPerpustakaan IBS (Rak Skripsi)Available but not for loan - Reference

Detail Information

Series Title
-
Call Number
S 121606 AMI a
Publisher STIE Indonesia Banking School : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
657.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment




    Information


    RECORD DETAIL


    Back To PreviousXML DetailCite this


    Perpustakaan

    Indonesia Banking School
    Info selengkapnya