Record Detail

Image of Kondisi strategi industri perbankan di Indonesia (analisa space matrix)

Text

Kondisi strategi industri perbankan di Indonesia (analisa space matrix)



Dalam menganalisis lingkungan yang kompetitif pada suatu organisasi, banyak alat analisa yang telah dibuat dan diterapkan. Salah satu metode yang jarang digunakan tapi belum berperan dalam menganalisis daya saing industri adalah Space Matrix (dalam hal ini, SPACE). Analisis SPACE terdiri dari matriks empat kuadran yang dikembangkan oleh Rowe et al. (1994).

Matriks SPACE umumnya digunakan dalam literatur manajemen strategis yang lebih besar karena kekuatan integratif yang selama alat-alat standar dan teknik (Radder & Louw, 1998). Meskipun penggunaan penting dan kesederhanaan, penerapan metode ini dalam industri perbankan masih jarang. Dengan demikian, peneliti mencoba untuk menambah literatur penggunaan alat analisa ini untuk menganalisis strategi industri perbankan.

Metodologi analisis SPACE adalah mixed-method yang terdiri dari wawancara dan survei. Sebelum penelitian ini dilakukan 3 (tiga) ahli perbankan diminta untuk mengkonfirmasi indikator yang akan digunakan dalam penelitian. Peneliti kemudian mewawancarai 12 bank target yang memegang posisi senior dalam masing-masing bank responden. Bank yang dipilih berdasarkan ukuran bank (BUKU) yang berbeda dalam industri perbankan menurut Bank Indonesia. Responden memberi skor pada lembar faktor internal dan eksternal yang disiapkan untuk analisis.
Hasil analisis matriks SPACE disajikan dalam penafsiran postur dalam hal stabilitas lingkungan, kekuatan industri, keunggulan kompetitif dan kekuatan keuangan. Strategi ini kemudian diplotkan sesuai kuadran sebagai panduan strategi berikutnya oleh bank terhadap persaingan di industry perbankan.

Studi ini menemukan bahwa industri perbankan Indonesia berada pada kuadra yang agresif dan konservatif. Penelitian ini membahas beberapa bank yang disurvei, yang mewakili masing-masing BUKU untuk diplotkan, dan strategi yang disarankan sesuai kuadran. Penelitian ini telah memberikan wawasan untuk bank di industri perbankan dan memiliki nilai praktis karena terdiri dari saran strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan.

Kata kunci: strategi; pengelolaan; perbankan; SPACE matrix.



Availability

006883T 1116020 RIA kPerpustakaan IBS (Rak Tesis)Available but not for loan - Reference

Detail Information

Series Title
-
Call Number
T 1116020 RIA k
Publisher Program Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School : Jakarta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
658.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment




    Information


    RECORD DETAIL


    Back To PreviousXML DetailCite this


    Perpustakaan

    Indonesia Banking School
    Info selengkapnya